Google search engine
BerandaAyumajakuningUnik! Sedekah Bumi Desa Sudimampir Lor Ada Pawai Ogoh-Ogoh Dan Hasil Bumi

Unik! Sedekah Bumi Desa Sudimampir Lor Ada Pawai Ogoh-Ogoh Dan Hasil Bumi

CirebonTrend.id – INDRAMAYU – Sedekah Bumi merupakan warisan budaya dari nenek moyang dan wujud rasa syukur kepada kang pencipta khususnya bagi masyarakat di tanah Jawa.

Biasanya acara sedekah bumi dilakukan oleh mereka yang profesinya Petani dan Nelayan yang sehari-hari mendapat rejekinya dari hasil alam.

Pada acara sedekah bumi, masyarakat biasanya membuat tumpeng dan membawa hasil bumi dan dibawa dan berkumpul ke satu tempat yang biasanya ke tempat sesepuh desa atau daerahnya untuk di doakan bersama setelah itu dimakan bersama-sama.

Ada yang menarik acara sedekah bumi di Desa Sudimampir Lor, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, dari daerah-daerah yang lain. Disini diadakan pawai keliling desa yang diikuti oleh seluruh RT/RW.

Kepala Desa Sudimampir Lor, Ade Nanto mengatakan kegiatan sedekah bumi ini adalah wujud rasa syukur warga desa akan hasil bumi.

“Karena warga desa disini sebagian besar adalah petani,” kata Ade Nanto kepada CirebonTrend.id di Balai Desa Sudimampir Lor. Senin 30 Oktober 2023.

Acara pawai ini, lanjut Ade Nanto, diikuti oleh warga Desa Sudimampir Lor dengan membawa hasil bumi dan kesenian lokal dari masing-masing RT/RW.

“Ada 17 RT di desa sudimampir lor, alhamdulillah semuanya ikut meramaikan, ada yang bawa ogoh-ogoh, singa depok, musik angklung dan lain-lain,” ujar Kepala Desa termuda di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Ade Nanto mengungkapkan kegiatan pawai sedekah bumi ini sudah dua tahun diadakan di Desa Sudimampir Lor sejak Ia menjabat Kepala Desa.

“Sudah dua kali acara pawai ini, sejak saya jadi kuwu, sebelumnya cuma ritual sedekah bumi biasa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri pula oleh Camat Balongan, Opik Hidayat yang menyampaikan bahwa kedatangannya sekaligus mewakili Bupati Indramayu, Nina Agustina.

“Beliau ada agenda lain yang waktunya bertepatan jadi meminta saya untuk mewakilinya dan titip salam untuk warga desa sudimampir lor,” ucapnya.

Ibu Bupati cukup mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, ujar opik, pasalnya memang kita harus bersyukur kepada sang pencipta atas anugerahnya dan hasil bumi yang melimpah.

“Ibu Bupati berpesan, semoga saat musim hujan tiba dan musim tanam bisa menghasilkan hasil sawah dengan panen yang memuaskan, karena indramayu merupakan salah satu lumbung padi nasional dan terus menjaga predikat tersebut,” pungkas Camat Balongan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments