Google search engine
BerandaAyumajakuningBatik Tulis Complongan Khas Indramayu Jadi Ikon GBN 2023

Batik Tulis Complongan Khas Indramayu Jadi Ikon GBN 2023

CirebonTrend.id – INDRAMAYU – Event akbar Gelaran Batik Nusantara (GBN) yang dipelopori Yayasan Batik Indonesia (YBI) ini akan diadakan kembali mulai tanggal 2-6 Agustus 2023 di Senayan Park, Jakarta.

Kegiatan GBN 2023 akan berlangsung mulai Rabu 2 – 6 Agustus 2023 dan rencana akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo bersama ibu Iriana Joko Widodo.

Dalam acara tersebut, Batik Tulis Complongan Indramayu terpilih menjadi ikon kegiatan akbar Gelaran Batik Nusantara (GBN) tahun 2023. Dengan mengusung tema “Batik, Bangkit!”.

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh YBI dengan menjadikan Batik Tulis Complongan Indramayu menjadi ikon kegiatan GBN 2023.

“Momen ini merupakan kesempatan berharga untuk menjadikan Batik Tulis Complongan Indramayu semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara,” katanya. Selasa, 1 Agustus 2023 di Pendopo Indramayu.

Kerajinan Batik Complongan telah tumbuh sejak ratusan tahun yang lalu karena Indramayu merupakan wilayah pesisir dengan Pelabuhan Cimanuk, pelabuhan yang strategis dan penting di Pantai Utara Jawa pada tahun 1513-1515.

Pembuatan batik di Indramayu diperkirakan sudah dimulai pada masa kerajaan Demak (tahun 1527) sehingga didalamnya sudah ada pengaruh motif-motif dari Tiongkok serta motif bernuasa pesisir karena dipengaruhi oleh alam sekitar.

Adapun motif-motif sampai saat ini terdapat 50 ragam hias batik tulis complongan yang sudah terdokumentasikan. Contoh motifnya antara lain Iwak Etong, Kapal Kandas, Ganggang dan Iwak Petek.

Pemkab Indramayu bersama dengan Kelompok Masyarakat Perlindungan Geografis Batik Tulis Complongan telah terdaftar sebagai Hak Kekayaan Intelektual Indikasi Geografis ke Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Nomor Pendaftaran : ID G 000000118 tanggal 28 Mei 2021.

Selain itu, guna melestarikan batik tulis complongan melalui Surat Edaran Bupati Indramayu Nomor 5101/322/Diskopdagin tanggal 29 Mei 2023, Bupati Indramayu memberikan himbauan untuk mengenakan Batik Tulis Complongan setiap hari Kamis dan hari tertentu di lingkungan Pemkab Indramayu.(Nji) 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -      

Most Popular

Recent Comments