Cirebontrend.id – CIREBON – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 3 Cirebon melakukan penggantian bantalan rel kereta api dari bahan kayu menjadi bantalan sintetis.
Langkah ini diambil untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, memberikan kenyamanan kepada pelanggan, serta mendukung pelestarian lingkungan.
Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, menjelaskan bahwa KAI Daop 3 Cirebon sebelumnya menggunakan tiga jenis bantalan rel: kayu, besi, dan beton.
Bantalan beton mendominasi jalur di wilayah ini, sementara bantalan besi digunakan di jalur simpan, dan bantalan kayu dipakai pada jembatan serta wesel (perangkat pemindah jalur).
“Tahun 2024, KAI Daop 3 Cirebon mendatangkan 3.803 batang bantalan sintetis untuk menggantikan bantalan kayu yang masih banyak digunakan di jembatan-jembatan kereta api,” jelas Rokhmad.
Bantalan sintetis, yang telah diterapkan di perkeretaapian Jepang sejak tahun 1980, dipilih karena memiliki beberapa keunggulan. Bantalan ini menawarkan kemampuan peredaman yang setara dengan bantalan kayu, namun tahan terhadap bahan kimia seperti oli dan solar, serta tahan api.
Selain itu, perawatannya lebih mudah dan biayanya lebih rendah, dengan usia pakai lebih dari 50 tahun dan dapat didaur ulang.
“Di jembatan kereta api yang menggunakan rangka baja, kami masih menggunakan bantalan kayu untuk meredam getaran dan kebisingan saat kereta melintas. Namun, secara bertahap, bantalan kayu akan digantikan oleh bantalan sintetis,” tambahnya.
Bantalan rel memiliki fungsi vital untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Bantalan ini berperan dalam menjaga lebar rel, meredam getaran dan suara, menjaga keseimbangan, serta mendistribusikan beban kereta ke tanah agar tidak merusak tanah.
“Dari Januari hingga Oktober 2024, di wilayah Daop 3 Cirebon, kami telah mengganti bantalan pada 60 jembatan kereta api dengan bantalan sintetis, dengan total 3.803 batang yang digunakan,” terangnya.
Dengan penggunaan bantalan sintetis, keselamatan perjalanan kereta api meningkat, dan kenyamanan penumpang juga bertambah karena kebisingan saat melintasi jembatan berkurang.
Selain itu, penggunaan bantalan sintetis mencerminkan komitmen KAI Daop 3 Cirebon dalam mendukung keberlangsungan dan pelestarian alam.
“Semakin banyak bantalan sintetis yang digunakan, semakin banyak pohon yang diselamatkan dari penebangan,” tutup Rokhmad.