Google search engine
BerandaBeritaDemi Kelancaran Perjalanan KA, Daop 3 Rutin Periksa Jalur Perlintasan

Demi Kelancaran Perjalanan KA, Daop 3 Rutin Periksa Jalur Perlintasan

Cirebontrend.id – CIREBON – Dalam upaya mewujudkan ekosistem transportasi kereta api yang aman dan berkelanjutan, PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon melakukan pemeriksaan rutin untuk meminimalisir potensi bahaya yang dapat mengganggu perjalanan kereta api.

Salah satu langkah yang diambil adalah pemeriksaan lintas berjalan kaki oleh jajaran manajemen yang dilaksanakan setiap minggu.

Pada Jumat, 18 Oktober 2024, manajemen Daop 3 Cirebon melakukan pemeriksaan lintas dari Stasiun Tanjung menuju Stasiun Brebes.

KAI berkomitmen untuk menyiapkan semua aspek guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api, terutama menjelang musim hujan.

“Musim kemarau tahun ini ekstrem, dengan cuaca lebih panas dari biasanya. Ini menjadi perhatian KAI, terutama menjelang musim hujan yang dapat meningkatkan debit air. Perubahan kondisi tanah dari kering menjadi lumpur perlu diwaspadai,” ungkap Rokhmad.

Dalam pemeriksaan tersebut, manajemen KAI Daop 3 Cirebon memastikan keandalan prasarana jalur kereta api dengan mengecek langsung kondisi lintasan. Pemeriksaan meliputi keandalan jalur rel dan sistem persinyalan, identifikasi daerah rawan genangan air dan banjir, serta pengecekan fasilitas layanan pelanggan dan kebersihan di stasiun. Selain itu, kesiapan sumber daya manusia di setiap stasiun juga menjadi fokus utama.

Menghadapi musim hujan, KAI melakukan sterilisasi jalur dengan memangkas pepohonan untuk mencegah pohon tumbang yang dapat mengganggu perjalanan kereta api.

“Normalisasi saluran air dari tumpukan sampah di sekitar jalur kereta juga sangat penting untuk keselamatan. Kami juga mensterilkan jalur dari pepohonan yang bisa menghalangi pandangan masinis. KAI Daop 3 menempatkan petugas di kabin masinis untuk memantau kondisi jalur,” jelasnya.

Dengan dilaksanakannya pemeriksaan ini, diharapkan kondisi keandalan prasarana di seluruh lintasan dapat terjaga, dan keselamatan perjalanan kereta api dapat terwujud. KAI memahami bahwa bisnis transportasi pada dasarnya adalah bisnis keselamatan dan pelayanan, sehingga upaya mitigasi gangguan di musim hujan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi kereta api.

“KAI berkomitmen untuk terus bersiaga, melakukan perawatan, dan perbaikan jalur agar perjalanan kereta api di seluruh area kerja KAI selalu lancar dan aman,” tutupnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -    

Most Popular

Recent Comments