Google search engine
BerandaCirebonRGP Sambut Baik Kerjasama Dengan Yayasan Cahyo Surya Gemilang

RGP Sambut Baik Kerjasama Dengan Yayasan Cahyo Surya Gemilang

Cirebontrend.id – Yayasan Cahyo Surya Gemilang mengandeng Relawan Ganjar Pranowo (RGP) untuk mengelar kirab budaya yang didasari keinginan membangun indahnya keberagaman.

Ketua Umum Yayasan Cahyo Surya Gemilang, R. Dermayu Bhisono mengatakan kegiatan tersebut dirangkai dalam konsep spiritual art berupa kirab membawa bagian tanah dan air dari makam Proklamator RI, Bapak Ir. Soekarno serta ke beberapa daerah lainnya.

“Kiran budaya akan diselengarakan di tujuh daerah Blitar, Solo, Yogya, Purwokerto, Cirebon, Bandung, Bogor. Dan mendapat dukungan beberapa komunitas adat budaya, seniman. Gelaran ini, sarat dengan makna spiritual yang pada intinya adalah penegasan secara budaya dalam membangun dan memperkuat persatuan bangsa,” ucapnya Kamis 12 Oktober 2023.

Dermayu menambahkan, tujuan kirab budaya yang akan diselengarakan pada 8 November 2023. Akan membangun spirit kebersamaan membangkitkan persaudaraan nuswantara.

Kolaborasi seni budaya dari tanah Pasundan, Jawa Tengah serta Yogya simbolisasi kepemimpinan nasional yang didambakan rakyat mampu menjaga harmonisasi berbangsa dan bernegara.

“Menggairahkan kreativitas dalam seni pertunjukan yang edukatif mengajak kaum muda milenia untuk tertarik, memahami dan ikut berkreasi dalam budaya Nusantara,” ungkapnya.

Disaat bersamaan Ketua Umum RGP Heru Subagia menjelaskan Yayasan Cahyo Surya Gemilang berkeinginan untuk kolaborasi dengan berbagai pihak dalam ranah kebudayaan. Salah satunya mengandeng RGP.

“Perlu saya tegaskan ini selaras dengan visi misi RGP, karena penting untuk rakyat adalah menghargai kebudayaan sebagai warisan yang harus dilestarikan dan menjadi pilar dari bangsa Indonesia,” ujarnya.

Menurut Heru, Cirebon tidak lepas dari tradisi dan budaya besar karena hidup di masa lampau, karena sangat berakar terhadap nilai-nilai budaya lokal nusantara.

“Saya selaku ketua RGP menyambut baik langkah kerja sama yang dilakukan oleh mitra kita. Kirab budaya yang notabenenya salah satu tujuan dan tempat dilaksanakan kitab budaya itu adalah di Kota Cirebon di Keraton Kanoman.

“Kebetulan sekali juga kita kantor pusatnya di Cirebon otomatis, kita akan memberikan dukungan untuk membantu kirab budaya. Intinya, kita dukung sepakat budaya menjadi bagian persembahan penting bagi bangsa Indonesia yang harus diwarisi,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments