Google search engine
BerandaAyumajakuningPemerintah Dan Bulog Salurkan Beras Cadangan Pangan Di Indramayu

Pemerintah Dan Bulog Salurkan Beras Cadangan Pangan Di Indramayu

CirebonTrend.id – INDRAMAYU –  Pemerintah Kabupaten Indramayu menyalurkan beras cadangan pangan tahap dua. Bantuan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat serta menekan harga beras yang tinggi di pasaran saat ini.

Hal itu ditandai dengan pelepasan truk menuju ke desa-desa di Kabupaten Indramayu. Pendistribusian beras bantuan cadangan pangan pemerintah dilakukan di Gudang Bulog Pekandangan, Indramayu. Kamis 14 September 2023

Bupati Indramayu, Nina Agustina menjelaskan, penyaluran bantuan beras cadangan pangan pemerintah kali ini merupakan tahap kedua. Ada 227.432 keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak menerima bantuan tersebut dan setiap KPM, akan menerima sepuluh kilogram beras per bulan.

‘’Penyaluran bantuan beras ini dilakukan selama tiga bulan, mulai September sampai November 2023,’’ terang Nina.

Penyaluran beras cadangan pangan pemerintah itu, ungkap Bupati Indramayu, merupakan upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk serta keadaan darurat. Selain itu juga melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan inflasi di Kabupaten Indramayu.

‘’Untuk menekan harga juga karena kan ini naik semua, gabah kering, gabah basah, berasnya, semua naik,’’ terang Nina.

Beras yang disalurkan dalam program cadangan pangan pemerintah tersebut berasal dari Bulog Indramayu. Sedangkan untuk pendistribusiannya, Bulog Indramayu menggandeng PT Pos Indonesia.

‘’Saya berpesan kepada para camat dan kuwu (kepala desa) untuk menyukseskan penyaluran bantuan pangan ini agar tepat data dan tepat sasaran,’’ ujar Nina.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Cabang Perum Bulog Indramayu, Ilhamsyah, menjelaskan, untuk penyaluran kepada 227.432 KPM itu, Bulog Indramayu menyediakan 7.834.110 kilogram beras.

‘’Untuk penyaluran perdana bantuan beras ini didistribusikan di empat desa,’’ kata Ilhamsyah di Gudang Bulog Indramayu saat acara pelepasan penyaluran cadangan pangan pemerintah.

Sedangkan untuk keempat desa tersebut, yakni Desa Terusan sebanyak 977 kilogram, Desa Dermayu 421 kilogram, Desa Pabean Udik 1.692 kilogram dan Desa Pekandangan 728 kilogram. Jadi total beras yang disalurkan perdana pada hari ini sebanyak 3.818 kilogram.

Pada tahap kesatu, tambah Ilhamsyah, sudah dilaksanakan pada April sampai Juni 2023, dengan jumlah KPM sebanyak 261.137 KPM.

‘’Dan perlu diperhatikan, jika ada beras yang kurang baik, dapat ditukar di gudang Bulog Indramayu dalam tenggang waktu 2 X 24 jam untuk diganti beras yang baru,’’ pungkas Ilhamsyah.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments