Cirebontrend.id – CIREBON – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon resmi menutup pelaksanaan Posko Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yang berlangsung selama 18 hari, dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Selama periode tersebut, KAI Daop 3 melayani total 120.294 pelanggan, dengan rata-rata 6.683 pelanggan per hari. Angka ini mengalami peningkatan signifikan sebesar 107% dibandingkan periode Nataru 2023/2024 yang hanya melayani 112.407 pelanggan.
Selama masa angkutan Nataru, sebanyak 151 kereta api penumpang dan 15 kereta api barang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon. KAI Daop 3 memberangkatkan tujuh kereta api per hari, termasuk tiga kereta Argo Cheribon (Cirebon-Gambir), KA Ranggajati (Cirebon-Jember), KA Kaligung (Cirebon Prujakan-Semarang Poncol), serta dua KA Kaligung (Brebes-Semarang Poncol).
Peningkatan volume penumpang pada tahun ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, antara lain peningkatan jumlah perjalanan kereta api dan tingginya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api.
Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan KAI sebagai moda transportasi utama mereka selama Nataru.
Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan KAI dan stakeholder yang terlibat dalam kelancaran angkutan Nataru 2024/2025.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah memilih KAI sebagai sarana transportasi mereka, dan kami juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh insan KAI serta pihak terkait yang telah bekerja keras dalam menyukseskan angkutan Nataru ini,” ujar Rokhmad.
KAI Daop 3 juga mencatatkan pencapaian positif dalam hal ketepatan waktu (On Time Performance), dengan keberangkatan kereta api mencapai 100% dan kedatangan mencapai 97%. Pencapaian ini menjadi salah satu alasan utama masyarakat memilih kereta api sebagai moda transportasi yang terpercaya.
Puncak volume pelanggan pada periode Nataru 2024/2025 tercatat pada Minggu, 29 Desember 2024 dengan 8.618 pelanggan, dan puncak kedua terjadi pada Minggu, 5 Januari 2025, yang mencapai 9.100 pelanggan.
Stasiun-stasiun yang tercatat sebagai yang terpadat selama masa Nataru ini antara lain Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Brebes, dan Stasiun Haurgeulis.
Keberhasilan pelayanan di masa Nataru 2024/2025 ini menjadi momentum bagi KAI untuk melakukan evaluasi dan perbaikan dalam operasional kedepannya, termasuk dalam aspek keselamatan dan pelayanan. Evaluasi tersebut diharapkan dapat menjadi strategi penting dalam mempersiapkan angkutan Lebaran 2025 yang segera tiba.
“Hasil evaluasi ini akan menjadi bahan penting bagi kami untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang tahun 2025, khususnya menghadapi angkutan Lebaran tahun 2025,” tutup Rokhmad.