Exclusive Content:

BerandaBeritaKAI Daop 3 Cirebon Catat Kinerja Positif di 2024, Layani Lebih 3,8...

KAI Daop 3 Cirebon Catat Kinerja Positif di 2024, Layani Lebih 3,8 Juta Penumpang

Cirebontrend.id – CIREBON – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon mencatatkan hasil positif dalam kinerja angkutan penumpang sepanjang tahun 2024, dengan melayani total 3.882.337 penumpang.

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 14 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat 3.412.954 penumpang.

Keberangkatan penumpang di wilayah Daop 3 Cirebon pada 2024 mencapai 1.955.522 orang, sedangkan kedatangan tercatat sebanyak 1.926.815 orang.

Puncak kepadatan penumpang terjadi pada bulan April 2024, seiring dengan libur Hari Raya Idul Fitri. Pada bulan tersebut, terdapat 210.478 keberangkatan dan 205.653 kedatangan penumpang, menegaskan peran penting KAI dalam mendukung mobilitas masyarakat selama libur panjang.

Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, menjelaskan bahwa peningkatan ini didorong oleh kesadaran masyarakat akan manfaat kereta api sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan dan efisien.

“Semakin banyak orang yang memilih kereta api karena memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan lingkungan, serta kenyamanan dan kemudahan dalam perjalanan,” ujar Rokhmad.

Peningkatan kinerja ini juga tidak lepas dari upaya KAI Daop 3 Cirebon dalam meningkatkan layanan, seperti penerapan teknologi Face Recognition Boarding Gate dan perbaikan infrastruktur.

Dengan 13 stasiun yang melayani angkutan penumpang, Stasiun Cirebon mencatatkan jumlah keberangkatan dan kedatangan tertinggi, masing-masing mencapai 742.964 dan 731.873 penumpang, menjadikan stasiun ini sebagai hub utama di wilayah tersebut.

Rokhmad juga menekankan pentingnya faktor On Time Performance (OTP) dalam menarik minat masyarakat untuk menggunakan kereta api.

“KAI Daop 3 Cirebon mencatatkan OTP keberangkatan dan kedatangan yang terus meningkat, dengan rata-rata mencapai 99,93 persen sepanjang tahun 2024, dibandingkan dengan 99,72 persen di tahun 2023,” jelasnya.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, pada Desember 2024, KAI meluncurkan fitur Carbon Footprint untuk mengukur dampak emisi dari perjalanan kereta api.

Selain itu, KAI juga menyediakan water station di stasiun untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai, mengganti alat makan di atas kereta dengan bahan kayu (wooden cutlery), dan mengganti bantalan kayu dengan bantalan sintetis yang lebih ramah lingkungan.

Dengan pencapaian ini, KAI Daop 3 Cirebon optimistis menghadapi tahun 2025, berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan fasilitas demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan. Kami akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik, dengan memastikan penumpang sampai tujuan tepat waktu dan menikmati perjalanan yang nyaman dan menyenangkan,” tutup Rokhmad.

RELATED ARTICLES
- Advertisment - nbsp;

Most Popular

Recent Comments