Google search engine
BerandaAyumajakuningKebun Mangga Agrimania Berupaya Jadikan Kebun Ramah Lingkungan

Kebun Mangga Agrimania Berupaya Jadikan Kebun Ramah Lingkungan

Cirebontrend.id – INDRAMAYU – Melaui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pertamina Internasional Unit VI Balongan membuat program pemgembangan taman kehati dan Mangoes Center di komplek perumahan Bumi Patra Indramayu.

Lahan mangga agrimania ini seluas 4,5 Hektar yang dikelola oleh kelompok tani Wong Tanggul Ceblok (WTC) yang merupakan kelompok binaan pembudidayaan mangga agrimania dari Pertamina.

Officer 1 CSR & SMEPP Andromedo Cahyo Purnomo mengatakan, pada tahun 2018 lahan seluas 4,5 hektar yang berlokasi di Kebun Mangga Agrimala Bumi Patra, Kelompok WTC telan menanam sebanyak 600 pohon mangga agrimania.

“Tahun ketiga, Kelompok WTC mulai melihat buah hasil dari sentuhan tangannya. Mangga agrimania yang bentuknya bulat berwarna kuning kemerahan pertama kali berhasil dipetik dari kebun yang telah kelompok rawat,” kata Edo sapaan akrabnya, Selasa 22 Oktober 2024.

Usmara anggota Kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok saat menyirami pohon mangga di Kebun Mangga Agrimania di Bumi Patra, Kabupaten Indramayu, Selasa 22 Oktober 2024. (Foto : Okri Riyana/Cirebontrend.id)

Pada tahun ini juga, lanjut Edo, Kebun Mangga Agrimania berupaya menjadikan kebun ramah lingkungan dengan adanya Solar Cell yang dipergunakan untuk pemenuhan sumber daya listrik di kebun seperti untuk penerangan, pengairan, dan juga kebutuhan penunjang listrik lainnya.

“Awalnya sollar cell ini di design untuk waterdrip system otomatis, namun sekarang bisa digunakan untuk kebutuhan listrik yang lainnya,” tuturnya.

Menurut Edo, dengan adanya sollar cell di kebun mangga agrimania ini bisa membantu merungankan biaya pengeluaran.

Usmara anggota Kelompok Tani Wong Tanggul Ceblok usai memetik mannga agrimania di Kebun Mangga Agrimania di Bumi Patra, Kabupaten Indramayu, Selasa 22 Oktober 2024. (Foto Okri Riyana/Cirebontrend.id)

“Dengan daya 1200 wp bisa menghemat sebesar 300-500 ribu rupiah perbulan,” ujarnya

Dengan Pertamina memberikan perhatian khusus, Kebun Mangga Agrimania semakin tumbuh besar begitupun buah yang dihasilkannya kini dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.

“Pada tahun ini juga, telah dilaksanakan kegiatan panen raya mangga Agrimania yang dihadari oleh Bupati Indramayu,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -    

Most Popular

Recent Comments