Google search engine
BerandaBeritaJika Terpilih, Pasangan Eti - Suhendrik Komitmen Realisasikan Bantuan Kelurahan

Jika Terpilih, Pasangan Eti – Suhendrik Komitmen Realisasikan Bantuan Kelurahan

Cirebontrend.id – CIREBON – Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati dan Suhendrik, berkomitmen untuk merealisasikan alokasi bantuan kelurahan sebesar 5 persen dari APBD jika terpilih dalam pilkada pada 27 November mendatang.

Menurut Eti, bantuan ini bertujuan untuk memperkuat kelurahan sebagai garda terdepan dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang tampak kecil namun berdampak besar pada kehidupan masyarakat.

Eti mengacu pada Pasal 230 UU 23/2014 dan Pasal 30 PP 17/2018 yang menyatakan bahwa daerah tanpa desa wajib mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat kelurahan, paling sedikit 5 persen dari APBD setelah dikurangi DAK dan DAU.

“Setelah banyak berkunjung ke masyarakat, usulan terbesar adalah bantuan operasional untuk kegiatan kelurahan. Kami merespons ini dengan baik karena ada regulasi yang mendukung program-program kelurahan,” ungkap Eti, Kamis 3 Oktober 2024.

Dia menjelaskan bahwa bantuan dari APBD sebesar 5 persen untuk kelurahan bisa digunakan untuk pembangunan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat. Selama pandemi, alokasi anggaran untuk kegiatan di kelurahan hanya mencapai 2 persen, sehingga kepemimpinan Azis-Eti menghadapi tantangan dalam efisiensi anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Pada masa pandemi, distribusi anggaran hanya 2 persen. Saya yakin, ke depan alokasi untuk kelurahan akan lebih dari 5 persen,” tegasnya.

Suhendrik menambahkan bahwa pasangan BERES (Bersama Eti-Suhendrik) memiliki 21 program unggulan, termasuk alokasi anggaran 5 persen dari total APBD setelah dikurangi DAK setiap tahunnya.

Alokasi ini akan mencakup tingkat kelurahan hingga RW di seluruh Kota Cirebon.

“Kami berkomitmen untuk mengalokasikan 5 persen dari total APBD untuk pembangunan infrastruktur,” tegas Suhendrik, menambahkan bahwa proses laporan pertanggungjawaban keuangan melalui kelurahan akan lebih mudah dikontrol.

“Mohon doanya, insya Allah jika BERES menang Pilkada, alokasi 5 persen dari APBD untuk infrastruktur dapat terlaksana,” ujarnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments