Google search engine
BerandaAyumajakuningIlham Habibie Dorong Potensi Pertanian Indramayu Lewat Teknologi dan Industri

Ilham Habibie Dorong Potensi Pertanian Indramayu Lewat Teknologi dan Industri

CirebonTrend.id – INDRAMAYU – Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Barat, Ilham Habibie, menyoroti potensi besar sektor pertanian di Indramayu dengan memanfaatkan teknologi untuk mendorong kemajuan ekonomi.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Indramayu, daerah yang dikenal sebagai lumbung padi nasional, Ilham menggelar sejumlah pertemuan penting dengan tokoh-tokoh lokal, termasuk kader DPD NasDem dan DPD PKS Indramayu, pada Selasa 17 September 2024.

Dalam pertemuan tersebut, Ilham menerima berbagai pertanyaan dari masyarakat. Salah satu pertanyaan yang menarik perhatian datang dari seorang warga yang menanyakan kemungkinan mempercepat waktu panen dengan teknologi agar dapat panen setiap dua bulan.

Menanggapi hal ini, Ilham mengaku hal itu belum pernah ia dengar di dunia pertanian, namun gagasan tersebut dianggap menarik untuk dieksplorasi guna meningkatkan produktivitas.

Ilham menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan perekonomian, terutama di daerah seperti Indramayu yang kaya akan sumber daya alam.

Menurutnya, teknologi dapat membantu memperkuat sektor-sektor lokal, khususnya pertanian, tanpa melupakan kearifan lokal yang telah menjadi bagian dari budaya masyarakat setempat.

“Mau tidak mau kita harus menggunakan teknologi,” ujar Ilham.

“Teknologi ini bisa beragam, seperti digital, mesin, atau lainnya. Tapi yang penting, semua upaya peningkatan ini harus sesuai dengan budaya dan kearifan lokal,” sambungnya.

Ilham juga menyinggung pentingnya membangun industri berbasis sumber daya alam di Indramayu untuk meningkatkan nilai jual produk-produk lokal.

Ia meyakini, pengembangan industri akan berdampak langsung pada peningkatan pendapatan masyarakat dan kesejahteraan mereka.

“Pendapatan masyarakat akan meningkat dengan adanya transformasi teknologi dan industri,” ujar Ilham, yang merupakan anak sulung dari Presiden ketiga RI, BJ Habibie.

Dalam persiapannya menuju Pilgub Jawa Barat 2024, Ilham dan pasangannya, Ahmad Syaikhu, terus mematangkan program-program yang akan mereka tawarkan.

Pasangan yang dikenal dengan sebutan ASIH ini diusung oleh PKS, NasDem, dan PPP. Ilham optimistis dengan peluang kemenangannya, karena masih ada waktu untuk mensosialisasikan program-program inovatif yang diusung.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Indramayu, Lucky Hakim, menyatakan dukungannya yang penuh terhadap pasangan ASIH.

Ia dan kader-kader NasDem siap berjuang untuk mengenalkan Ilham Habibie ke masyarakat luas, termasuk menggandeng koalisi yang sudah terjalin di Pilbup Indramayu.

Lucky juga menegaskan bahwa sosok Ilham Habibie, selain dikenal sebagai putra BJ Habibie, juga merupakan teknokrat yang memiliki visi besar dalam memajukan daerah lewat teknologi.

“Teknologi akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, mulai dari sektor pertanian, perikanan, dan lainnya,” ujarnya.

Indramayu, sebagai salah satu pusat pertanian di Jawa Barat, diharapkan dapat menjadi contoh bagaimana teknologi dan industri dapat diintegrasikan dengan budaya lokal untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments