Google search engine
BerandaAyumajakuningBawaslu Indramayu Ingatkan ASN Bersikap Netral di Pilkada 2024

Bawaslu Indramayu Ingatkan ASN Bersikap Netral di Pilkada 2024

CirebonTrend.id – INDRAMAYU – Menjelang Pilkada 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral.

Pesan tersebut disampaikan sebagai langkah menjaga integritas dan profesionalitas ASN dalam menjalankan tugasnya, terutama pada masa kampanye yang kini sedang berlangsung.

Ketua Bawaslu Indramayu, Ahmad Tabroni, menegaskan pentingnya netralitas ASN agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang yang dapat merusak kepercayaan publik.

“Sejauh ini belum ada laporan resmi soal pelanggaran netralitas ASN. Namun, kami telah menerima beberapa informasi awal dari masyarakat terkait hal tersebut,” ungkap Tabroni saat memberikan keterangannya di Kantor Bawaslu Indramayu. Kamis, 26 September 2024.

Meskipun belum ada laporan resmi, Tabroni mengatakan, Bawaslu Indramayu tetap melakukan penelusuran dan pengawasan yang intensif.

“Kami tidak tinggal diam. Langkah-langkah penelusuran terus kami lakukan untuk memastikan apakah informasi yang masuk benar adanya,” katanya.

Ia menekankan bahwa Bawaslu akan selalu siap mengawal setiap tahapan Pilkada sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bawaslu Ajak Masyarakat Awasi Jalannya Pilkada

Selain menyoroti netralitas ASN, Bawaslu juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam membantu tugas pengawasan.

Diharapkan, masyarakat bisa menjadi mitra strategis dalam menciptakan suasana Pilkada yang damai dan bebas dari kecurangan.

Mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 13 Tahun 2024, kampanye Pilkada akan berakhir pada 23 November mendatang. Bawaslu juga mengingatkan ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Indramayu untuk mematuhi seluruh aturan yang telah ditetapkan.

Hal ini termasuk pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang harus memperhatikan etika, estetika, dan kebersihan, serta larangan melibatkan anak-anak dalam kampanye.

Dalam Surat Edaran Nomor 225/PM.00.02/K.SA-06/9/2024, Bawaslu juga menegaskan pentingnya menjaga kondusivitas wilayah agar Pilkada dapat berjalan aman dan damai.

“Kami mengajak semua pihak untuk saling menjaga suasana yang kondusif, dengan harapan Pilkada Indramayu 2024 bisa berlangsung aman, riang gembira, dan lancar hingga hari penetapan calon terpilih nanti,” ujarnya.

“Dengan peran serta masyarakat dan netralitas ASN, kami (Bawaslu) optimistis bahwa Pilkada Indramayu 2024 akan berjalan sesuai harapan, mengedepankan prinsip demokrasi dan keadilan bagi seluruh warga,” pungkas Ahmad Tabroni.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments