Google search engine
BerandaAyumajakuningPemkab dan Bawaslu Indramayu Akan Kawal Suara Rakyat

Pemkab dan Bawaslu Indramayu Akan Kawal Suara Rakyat

CirebonTrend.id – INDRAMAYU – Pemerintah Kabupten Indramayu dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan siap mengawal surat suara dengan aman.

Hal ini disampaikan Bupati Indramayu Nina Agustina, saat menghadiri kegiatan apel siaga dalam rangka persiapan pengawasan masa tenang, pengawasan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu tahun 2024 di Halaman Parkir Stadion Tridaya Kabupaten Indramayu. Rabu, 7 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Nina mengajak Bawaslu beserta jajaran, baik itu Panwascam, PKD dan PTPS agar bertugas secara profesional, salah satunya memotret peristiwa sesuai fakta di lapangan.

“Serta menetralisir apabila terdapat peristiwa-peristiwa yang terjadi bersama KPU, PPK, KPPS, Forkopimda maupun Forkopimcam,” katanya.

Dengan terselenggaranya kegiatan pengawasan dengan baik, lanjut Nina, berarti telah menjaga keutuhan demokrasi dan kepercayaan masyarakat pada penyelenggara pemilu.

“Oleh karena itu, sinergi bersama berbagai stakeholder beserta seluruh lapisan masyarakat merupakan hal penting guna menciptakan suasana damai dan kondusif di Kabupaten Indramayu,” ujar Bupati Indramayu Nina Agustina.

Ia pun mengajak kepada seluruh elemen penyelenggara maupun masyarakat untuk senantiasa berkomitmen dan berperan aktif untuk menjaga kondusifitas serta keamanan selama pelaksanaan pemilu, agar pemilu tahun 2024 ini bisa lebih baik lagi dalam segala halnya.

“Mari kita kawal bersama jalannya pemungutan suara dengan koordinasi aktif bersama KPPS, PPS, PPK maupun KPU,” ajaknya.

Selain itu, Nina juga meminta jajaran pengawas pemilu untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan kampanye selama masa tenang dan memastikan tidak adanya kecurangan dalam bentuk apa pun saat pemungutan dan penghitungan suara pada hari pelaksanaan pemilu.

“Sehingga suara rakyat betul-betul terjaga dan terkawal dengan pasti,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Ahmad Tabroni menyampaikan, momentum apel siaga bukan hanya sebatas seremonial belaka, melainkan menjadi ajang untuk pengingat bersama terkait tugas pokok dan fungsi pengawasan pemilu yang harus dipahami oleh masing-masing personil.

“Saya mengajak temen-temen, kita bersama solid, melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal dan kami berharap pelaksanaan pemilu terutama di Kabupaten Indramayu dapat berjalan dengan aman, lancar, serta kondusif,” katanya.

Ia pun mengingatkan warga untuk berhati-hati dalam bermedia sosial.

Baik dalam berkomentar maupun memposting sesuatu di media sosial selama masa Pemilu 2024.

Lanjut Ahmad Tabroni, Suasana Pemilu yang damai dapat rusak apabila diwarnai dengan ujaran kebencian maupun provokasi.

“Seperti saling ejek dan lain sebagainya, sebaiknya jangan,” ujar Ahmad Tabroni.

Hanya saja, lanjut Tabroni, untuk pengawasan di media sosial ini Bawaslu memiliki keterbatasan SDM.

Namun, Bawaslu dalam hal ini sudah menjalin koordinasi dengan instansi-instansi lainnya. Salah satunya dengan Polri dalam upaya patroli cyber mencegah beredarnya ujaran kebencian di masa Pemilu 2024.

“Karena Polri ini yang berkompeten dalam patroli cyber untuk mencegah hoaks, ujaran kebencian dan lain sebagainya,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments