Google search engine
BerandaAyumajakuningTim Arkeolog Pugar Masjid Kuna Bondan Berusia 609 Tahun

Tim Arkeolog Pugar Masjid Kuna Bondan Berusia 609 Tahun

CirebonTrend.id – INDRAMAYU – Masjid Kuna Bondan yang berusia 609 tahun yang berada di Desa Bondan, Blok Sapuangin, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu mulai dipugar.

Proses pemugaran tersebut dilakukan oleh Tim Arkeolog Dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX Jawa Barat. Dan berkerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Jateng-DIY, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu.

Ketua Tim Konservasi Masjid Kuno Bondan, Sonny Prasetya Wibawa, mengatakan, konservasi ini salah satunya dengan melakukan treatment atau perawatan terhadap memolo masjid menggunakan bahan kimia, tujuannya adalah untuk memutus rantai organisme yang tumbuh di artefak tersebut.

“Kita akan bersihkan dulu memolonya dari mikro organisme dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Tujuannya agar memolo yang terbuat dari gerabah ini dapat bertahan lama,” kata Sonny, Rabu 9 Agustus 2023.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu, Uum Umiyati, menyampaikan, pemugaran masjid Kuna Bondan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam upaya menjaga dan melestarikan peninggalan-peninggalan budaya yang ada di wilayah setempat.

“Untuk mengganti atap sirap tersebut kita konsultasikan dengan tim ahli cagar budaya, karena untuk melakukan pemugaran tidak sembarangan dan perlu kajian-kajian arkeologi dan sejarah,” ujar uum.

Saat ini Masjid Kuna Bondan sedang dilakukan pemugaran pada bagian atap dengan menggunakan bahan kayu sirap. Untuk melakukan pemugaran masjid berusia ratusan tahun ini, Pemerintah Kabupaten Indramayu mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta.

Bangunan masjid Kuna Bondan ini merupakan bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh UU Cagar Budaya Nomor 11 tahun 2010.

Bangunan masjid yang terbuat dari kayu ini terakhir dipugar pada tahun 1992 oleh Balai Pelestarian dan Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Seperti kita ketahui, Masjid Kuna Bondan dibangun oleh Syekh Datul Kahfi atau dikenal Syekh Nurjati pada 1414 Masehi lalu. Sehingga terhitung sampai sekarang masjid ini sudah berumur 609 tahun.

Bangunan Masjid Bondan sangat unik dan berbeda dari masjid pada umumnya. Bangunan asli masjid ini mayoritas menggunakan kayu jati. Hanya bagian depan dan beberapa bagian lain, yang diperbaharui menggunakan bahan material baru.

Keunikan lainnya, Masjid Bondan ini memiliki bentuk rumah panggung, sebuah bangunan yang jarang ditemukan di pesisir pantura pada masanya. Bahkan hingga saat ini, rumah panggung jarang dikenal dan dilihat di kawasan pesisir pantura Indramayu dan sekitarnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -    

Most Popular

Recent Comments