Google search engine
BerandaBeritaKadisparbud Jabar Benny : Kampung Arab Bisa Menjadi Potensi Wisata Kota Cirebon

Kadisparbud Jabar Benny : Kampung Arab Bisa Menjadi Potensi Wisata Kota Cirebon

CirebonTrend.id – Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar melakukan kunjungan ke Kota Cirebon untuk melihat potensi wisata.

Dalam kunjungannya, Benny yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengunjungi kampung Arab yang ada di Kota Cirebon.

Kampung Arab sendiri yang serasa di RW 4,5 dan 8 Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kejaksan ini diproyeksikan Pemerintah Kota Cirebon sebagai lokasi potensi wisata di Kota Cirebon.

“Kunjungan kami ke Kota Cirebon untuk menemukan potensi wisata disini,”ujar Benny usai meninjau lokasi kampung Arab, Rabu 3 Mei 2023.

Dengan adanya potensi wisata di Kota Cirebon ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian dan bisa meningkatkan Pendapatan Daerah di Kota Cirebon.

Oleh sebab itu, Pemkot harus menyiapkan kajian baru untuk pengajuan potensi wisata yang ada di kota Cirebon ke Provinsi Jawa Barat.

“Pemprov Jawa Barat sendiri siap membantu dan akan memberikan bantuan kepada daerah yang sudah siap,” katanya.

Kota Cirebon sendiri memiliki tiga kategori wisata yang bisa menjadi daya tarik tersendiri, dan ini harus bisa di optimalkan oleh Pemkot Cirebon.

“Disini kan ada wisata religi, wisata kuliner dan wisata budaya, itu yang harus dimanfaatkan,” ungkapnya.

“Menurut kami, kampung Arab berpotensi menjadi kawasan wisata di Kota Cirebon,” sambungnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Agus Sukmanjaya mengatakan, bahwa Kota Cirebon adalah kawasan wisata alternatif.

“Untuk di Jawa Barat, Kota Cirebon menjadi kawasan wisata alternatif dari Bandung, Bogor dan Kota/Kabupaten lainnya,” katanya.

Kota Cirebon sendiri sedang berupaya untuk mendapat bantuan dari Pemprov Jawa Barat yang kompetitif di 2024 dengan kota/Kabupaten lainnya.

Kota Cirebon berharap bisa mendapatkannya bantuan tersebut untuk membangun kampung Arab yang konsepnya sudah dibuat dari tahun 2020.

“Konsepnya meliputi klaster seni budaya, gerabah, masjid kuno dan Oleh-oleh haji dan umroh,” ucapnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments