Google search engine
BerandaAyumajakuningFresh Graduate Penuhi Disnakertrans Kabupaten Indramayu Untuk Membuat Kartu Pencari Kerja

Fresh Graduate Penuhi Disnakertrans Kabupaten Indramayu Untuk Membuat Kartu Pencari Kerja

CirebonTrend.id – INDRAMAYU – Frash Graduate memenuhi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Indramayu untuk membuat kartu pencari kerja.

Setelah Libur Lebaran dan Cuti Bersama 2023, Pendaftaran pembuatan kartu pencari kerja di Disnakertrans Kabupaten Indramayu, meningkat. Perhari pemohon syarat kerja yang disebut kartu kuning itu bisa mencapai 70 orang.

“Animonnya banyak banget, tiap hari banyak aja tapi banyaknya itu di masa mau kuliah atau baru keluar SMA lah,” kata Kepala Disnakertrans Indramayu, Erpin Marpinda, Selasa 2 Mei 2023.

Secara terperinci, Erpin menyebutkan tingginya pembuatan kartu AK1 terjadi sejak kelulusan SMA sederajat. Bahkan, sebelum masuki cuti Lebaran 2023 kemarin, jumlah pendaftar bisa mencapai 70 orang dalam sehari. 

“Sejak masuk habis cuti (26/4) sampai sekarang sudah ada 171 orang. Hari ini baru setengah hari ada 50 orang yang daftar,” jelas Erpin.

Dari data tahun 2022 kemarin, jumlah pemohon kartu kerja mencapai 31 ribu orang. Dimana, 16 ribu orang diantaranya hendak bekerja ke luar negeri. 

“Tahun ini belum signifikan, karena mungkin ada yang belum dapat ijazah”, ujar Kepala Disnakertrans.

Mayoritas, pemohon pencari kartu kerja di ruang tersebut baru lulus sekolah. Dan rata-rata hendak melamar pekerjaan di kawasan industri seperti Karawang, Cikarang, dan Bekasi. 

Meski ada peningkatan pendaftar cukup tinggi. Namun, hal tersebut tidak menghambat pelayanan di Disnakertrans Kabupaten Indramayu. Sebab, selain pelayanan manual pihaknya juga menyiapkan metode pendaftaran secara online. 

“Kita kan sudah ada aplikasi mereka bisa buka website kita biar kesini sudah siap. Kebanyakan tetap mereka pakai manual dan harus dipandu,” kata Erpin.

Para pencari kerja dihimbau agar segera melapor baik secara pribadi atau melalui perusahaan. “Saat ini belum banyak yang lapor, ya mungkin belum dapat kerja,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments