Google search engine
BerandaBeritaPenukaran Uang Dimulai, Warga Serbu Mobil Kas Keliling BI Cirebon

Penukaran Uang Dimulai, Warga Serbu Mobil Kas Keliling BI Cirebon

CirebonTrend.id – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon sudah membuka pelayanan penukaran uang ditempat keramaian dengan menggunakan mibil kas keliling.

Diawal pembukaan, ratusan warga antusias untuk melakukan penukaran uang pecahan baru untuk keperluan lebaran, Kegiatan ini berlangsung di Area parkir Grage Mall Cirebon, Senin 10 April 2023.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo, mengatakan, pihaknya mampu melayani sebanyak 800 paket penukaran uang pecahan baru.

“Uang yang ditukar dengan emisi 2022 ini maksimal penukarannya senilai Rp3,8 juta dengan pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1 ribu,” kata Hestu.

Sejak dilaunching pada 136 titik, lanjut Hestu, tempat penukaran uang di wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka (Ciayumajakuning) telah melayani sekitar 12.000 paket uang emisi 2022.

“Setelah kami melaunching 136 titik, memberikan layanan penukaran uang bekerjasama dengan perbankan juga menyelenggarakan penukaran bersama beberapa perbankan bertempat di tempat parkir,” ujarnya.

“Rencananya kami akan menyelenggarakannya bukan hanya hari ini, namun sampai dengan tanggal 18 April yang akan datang,” sambungnya.

Sementara soal jumlah kuota penukaran uang baru, disampaikan Hestu bisa saja terdapat perubahan baik ditambah maupun dikurangi. 

“Rencananya membuka 800 penukar, namun melihat antusias masyarakat kita akan menyesuaikan, jika semakin besar kita akan menambah jumlahnya, sampai dengan kebutuhan masyarakat terpenuhi,” jelasnya.

Sementara itu, dalam waktu 15 hari sejak dilaunching  Bank Indonesia mencatat besaran paket penukaran uang emisi 2022, dari 57 miliar melalui kas keliling telah dikeluarkan sebanyak sekitar Rp3 miliar. 

“Tradisi tiap tahun, menjelang lebaran idul fitri, menjsi tugas kami memenuhi kebutuhan masyarakat, jika setiap hari melayani 800 peserta dikalikan Rp3,8 juta maka bisa dihitung berapa banyak uang emisi baru yang sudah dikeluarkan,” ucapnya. 

“Peoyeksi 2023 ini masih sekitar 5 persen dari target yang baru tersalurkan, mudah-mudahan bisa tercapai sampai 100 persen,” tambahnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments