Google search engine
BerandaBeritaSMPN 5 Kota Cirebon Pecahkan Rekor MURI

SMPN 5 Kota Cirebon Pecahkan Rekor MURI

CirebonTrend.id – SMPN 5 Kota Cirebon berhasil pecahkan rekor pelajar membuat video vlog terbanyak se-Indonesia.

Dalam hal ini Museum Rekor Dunia- Indonesia memberi penghargaan langsung kepada SMPN 5 Kota Cirebon yang mampu membuat video vlog sebanyak 1984.

Video vlog tersebut dibuat dan diunggah oleh seluruh siswa SMPN 5 Kota Cirebon, dengan jumlah siswa sebanyak 1083.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Kadini, mengaku bangga dengan kreativitas pelajar di Kota Cirebon yang berhasil meraih penghargaan.

“Sungguh luar biasa, para pelajar membuat vlog melebihi dari target 1000 vlog sampai dengan hampir mencapai 2000 vlog,” kata Kadini Usai menerima penghargaan dai MURI, Rabu 8 Maret 2023.

Menurut Kadini, rekor MURI yang diraih para siswa, membuktikan kualitas pelajar di daerah, khususnya Kota Cirebon.

“Artinya anak di daerah bisa menyamakan anak-anak di kota besar, sekaligus mengedukasi pelajar agar lebih  bijak memanfaatkan teknologi,” jelasnya.

Bahkan, SMPN 5 Kota Cirebon dinobatkan menjadi Pioneer untuk SMP lain agar ikut termotivasi.

“Harapannya kegiatan seperti ini bisa memotivasi pelajar, bisa meningkatkan ilmu pengetahuan melalui digital, sehingga bisa melihat dunia luar yang sangat maju, akhirnya mereka mengetahui kemampuan anak di Cirebon,” ujarnya.

Kepala SMPN 5 Kota Cirebon, Sumiyati menyampaikan, maksud dan tujuan pemecah rekor muri video vlog tingkat pelajar di Indonesia ini agar siswa bisa mengikuti perkembangan digital.

“Awalnya ingin memajukan cara berfikir anak-anak, kita harus mengikuti perkembangan digital, memang sudah semarak diluar sana kalau tidak mengikuti nanti kita ketinggalan,” ucapnya.

Terlebih kurikulum merdeka dalam program P5 (Project, Penguatan, Profil, Pelajar, Pancasila). Menjelaskan bahwa digitalisasi penting dikenalkan kepada anak-anak.

“Kita gali potensi yang dimiliki anak-anak, mereka didampingi tutor sebaya dari awal pembuatan web, blog, hingga vlog, supaya anak-anak memiliki kemampuan dan semangat,” ungkapnya.

Senior Manager MURI Triyono, menambahkan rekor muri video vlog oleh pelajar menjadi yang pertama di Indonesia, setelah rekor muri video vlog dipecahkan oleh mahasiswa.

“Untuk pelajar ini yang pertama di Indonesia oleh karenanya rekor muri memberikan penghargaan, selain dilihat dari jumlah juga ada 4 kriteria yang menjadi penilaian,” ulasnya.

Sementara rekor muri yang diperoleh SMPN 5 Kota Cirebon termasuk dalam kategori Superlatif, merupakan pecah rekor terbanyak.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments