Google search engine
BerandaBeritaTaman Pedati Gede Menjadi Landmark Baru di Kota Cirebon

Taman Pedati Gede Menjadi Landmark Baru di Kota Cirebon

CirebonTrend.id – Taman Pedati Gede diresmikan langsung oleh Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis pada Senin 12 Desember 2022.

Taman Pedati Gede yang berlokasi di kawasan Birtish American Tobbaco (BAT) Kota Cirebon ini diklaim bakal menjadi daya tarik baru wisatawan.

Pedati gede sendiri adalah kereta yang digunakan sebagai transportasi angkutan manusia atau barang, biasanya, ditarik oleh kerbau, sapi, atau kuda.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cirebon, Wandi Sofyan,menjelaskan pedati gede yang berada di taman ini merupakan replika dari pedati gede asli yang berada di Kelurahan Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon.

Taman Pedati Gede
Replika Pedati Gede

Taman Pedati Gede ini berada di lahan 990 meter persegi dan pembangunnanya menghabiskan anggaran sebesar Rp2,02 miliar,” jelas Wandi.

Berbahan material komposit, kekuatan pedati gede di taman tersebut mampu bertahan terhadap cuaca panas maupun hujan.

“Taman Pedati Gede juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang, seperti wifi gratis, area vegetasi, ampi theatre, papan literasi, dan lampu gemerlap pada malam hari,” katanya.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis mengatakan, taman layak menjadi ikon baru Kota Cirebon, lantaran berdasarkan sejarahnya menyimbolkan kemajuan peradaban Cirebon sejak zaman lampau.

Menurut Azis, Taman Pedati Gede adalah simbol kemajuan pembangunan di Kota Cirebon.

“Pembangunan di Kota Cirebon harus memuat nilai moral luhur dan menandakan sebagai kota kreatif berbasis budaya,” kata Azis.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -  

Most Popular

Recent Comments